Ikan Masak Kemangi

21.32


Lagi belanja bahan pokok eh ada ikan separoh harga,seneng banget tentunya.  Orang perantauan kayak saya seneng banget kalau lagi belanja ada plat merah aka separoh harga. Lumayan bisa ngirit uang belanja,hehe.  Kok jadi curhat sih., Langsung ke resep ya. Lagi masak ikan kemangi,  enak banget!! Harus enak lah,  harga kemangi sama ikannya mahalan kemanginya,  sayang donk kalau ga enak .hehee...
Pedasnya level sedang bagi saya karena tidak terlalu suka pedas. Gurihnya perpaduan dari kaldu ikan,  santan dan bumbu,  kemudian rasa asemmya dari tomat dan bau khas kemangi.  Hmm,,,Mantaaps..  Pas banget menu ikan masak kemangi dinikmati untuk buka puasa. Semoga menginspirasi.
Jika ada yang penasaran ini saya cantumkan resepnya ya.

Bahan-bahan:
2 ekor ikan
1 genggam kemangi
1 buah tomat
2 sdm santan bubuk
1 batang serai
1 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk

Bumbu halus:
3 buah bawang merah
3 buah bawang putih
12 buah cabe rawit
1 cm jahe
1 sdt ketumbar
1 butir kemiri
 
Cara membuat:

  1. Cuci bersih ikan dan buang kotorannya, lalu goreng sebentar, saya menggunakan sedikit minyak dan api kecil. jangan dibalik kalau belum agak kering biar ikan tetep utuh mulus tidak lecet. Di balik sekali saja, jangan di bolak-balik.
  2. Siapkan semua bumbu dan bahan lainnya dan cuci bersih. 
  3. Haluskan bumbu halus, saya pakai ulekan dan masih kasar, karena suka tekstur yang masih kasar.
  4. Iris tomat menjadi 8 bagian, dan geprek serai.
  5. Tumis bumbu halus, serai, daun salam dan daun jeruk sampai harum.
  6. masukkan ikan dan tumis bumbu sebentar biar bumbu meresap ke dalam ikan.
  7. Tambahkan air dan santan, aduk-aduk sampai santan mendidih.
  8. Masukkan garam, kemagi dan tomat. masak sebentar saja asal tercampur saja.
  9. Ikan kemangi siap menanti bedug maghrib,. Karena saya puasa jadi tidak di indcipi terlebih dahulu ya. Mudah kan semoga menginspirasi ya


You Might Also Like

0 komentar